Tren Tontonan Anak Selama Setahun Terakhir

GTA138 Penelitian Kaspersky Safe Kids baru-baru ini mengungkapkan tren tontonan yang paling populer di kalangan anak-anak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa SSundee, Aphmau, dan KreekCraft tetap menjadi blogger game anak-anak yang paling populer di seluruh dunia.

Meme terbaru yang menjadi kegemaran anak-anak adalah Gegagedigedagedago. Selain itu, BTS kehilangan posisi teratas sebagai grup musik favorit, digantikan oleh BABYMONSTER. Dalam kategori animasi, “My Story Animated” menjadi kartun yang paling banyak dicari. Menariknya, game horor “Subliminal” telah menarik perhatian anak-anak secara global bahkan sebelum dirilis secara resmi.

Laporan Kaspersky “Raising the smartphone generation” mengungkapkan bahwa 87% orang tua di seluruh dunia merasa bertanggung jawab untuk mengatur perilaku digital anak-anak mereka. Untuk membantu orang tua mengelola keterlibatan online anak-anak, Kaspersky melakukan tinjauan tahunan terhadap minat online anak-anak. Analisis ini didasarkan pada data pencarian anonim dari pengguna Kaspersky Safe Kids di platform seluler (Android) dan desktop (Windows).

Aplikasi Android yang paling banyak digunakan oleh anak-anak adalah YouTube (28%), TikTok, dan WhatsApp (masing-masing 15%), serta Instagram (9%). Di perangkat Windows, anak-anak paling sering menggunakan Google Chrome (36%), Microsoft Edge (13%), dan Microsoft Office (10%).

Sebagai aplikasi paling populer, YouTube mencerminkan tren dan minat utama anak-anak. Tahun ini, influencer game menerima bagian terbesar dari pencarian (21%). Blogger paling dicari adalah SSundee, Aphmau, dan KreekCraft. Influencer non-game yang paling populer adalah MrBeast, SSSniperWolf, dan Sidemen.

Topik lain yang menarik minat anak-anak adalah olahraga, terutama sepak bola dan NBA. Meme juga merupakan bagian penting dari minat anak-anak, dengan “Gegagedigedagedago” sebagai meme Roblox Male Face yang diiringi lagu “Cotton Eye Joe” dari Rednex yang disukai banyak anak.

Dalam kategori musik (17%), tren di kalangan anak-anak mencakup lagu BABYMONSTER – SHEESH dan JoJo Siwa – Karma serta campuran musik dari Nightcore. Artis yang paling banyak dicari adalah BLACKPINK dan Taylor Swift. Genre musik Phonk tetap populer di kalangan anak-anak. BTS mengalami penurunan popularitas, berada di belakang Olivia Rodrigo dan beberapa video musik lainnya.

Dalam kategori film (16%), anak-anak paling banyak mencari kartun, acara TV, dan serial. Kartun yang paling banyak dicari adalah My Story Animated, 1 second from animated movies, dan Harzbin Hotel. Untuk serial, yang paling banyak dicari adalah Dhar Mann Studios, Queen of Tears, dan Avatar the Last Airbender dari adaptasi Netflix.

Game horor “Subliminal” menjadi game mendatang yang menarik perhatian anak-anak. Berdasarkan konsep “The Backrooms”, game ini adalah permainan puzzle horor yang sangat dinantikan meskipun belum dirilis.

“Kami melihat stabilitas dalam preferensi anak-anak, namun ada peningkatan signifikan dalam cerita musiman terkait pemutaran perdana game, musikal, dan film baru-baru ini. Tren ini penting bagi anak-anak dan memberikan kesempatan bagi orang tua untuk lebih memahami minat anak-anak mereka. Solusi pengasuhan digital yang andal dapat membantu melindungi anak-anak saat online dan mengungkap preferensi mereka,” komentar Anna Larkina, pakar analis konten web di Kaspersky.

Untuk memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman online yang positif, Kaspersky merekomendasikan orang tua untuk:

  1. Terlibat dalam aktivitas online anak-anak sejak dini, menjadikannya norma, dan membimbing mereka tentang praktik keamanan online.
  2. Mengunduh aplikasi pengasuhan digital dan mendiskusikan cara kerja aplikasi tersebut dengan anak.
  3. Membuat percakapan tentang keamanan siber lebih menyenangkan dan menarik melalui permainan dan format menghibur lainnya.
  4. Menghabiskan lebih banyak waktu berkomunikasi dengan anak-anak tentang langkah-langkah keamanan online dan memperhatikan kebiasaan penggunaan ponsel sendiri.
  5. Meminta anak untuk tidak menyetujui pengaturan privasi tanpa bantuan dan membiasakan membaca semua perjanjian privasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top